Design Knowledge

Tips Desain Kamar Tidur Kecil agar Terasa Lebih Luas dan Nyaman

2019-10-16 14:27:12

Tidak sulit menjadikan kamar tidur kecil atau kamar minimalis terlihat lebih luas dan nyaman.

Interiordesign.id – Desain dan dekorasi interior tidak tergantung pada ukuran. Soal besar atau kecilnya ukuran sebuah ruang, ini sangat bergantung kepada pilihan furniture yang digunakan. Ingat, tidak ada ruang yang kekecilan, yang ada adalah penggunaan furniture yang kebesaran.

 

Dalam arsitektur dan desain interior sendiri, ukuran standar sebuah ruang tergantung kepada fungsi dan tujuan penggunaan ruangan tersebut. Untuk area kamar tidur misalnya, kamar tidur utama biasanya dianjurkan untuk memiliki ukuran 4×5 m, atau sekitar 20 meter persegi. Hal ini berdasar pada asumsi ukuran dan furniture yang akan digunakan.

 

Sementara untuk kamar tidur anak, kebutuhan bergerak dan beraktivitas secara leluasa banyak menjadi pertimbangan. Ukuran ideal kamar anak biasanya di kisaran 3×4 m, atau setara 12 meter persegi. Kurang dari itu, agak sulit membayangkan kamar anak bisa memiliki tingkat keyamanan yang dibutuhkan.

 

Lain hal dengan kamar tidur tamu. Dengan asumsi tidak terlalu banyak furniture yang digunakan, ukuran 3×3 m atau sekitar 9 meter persegi mungkin sudah dirasa  cukup. Kamar tamu tidak perlu mengunakan terlalu banyak ornamen-ornamen dan aksesori ruang yang bisa membebani kapasitas ruang.

 

Nah, setelah mengetahui sedikit soal ukuran ideal kamar tidur, Anda sekiranya sudah bisa memperkirakan sendiri, apakah kamar tidur di rumah Anda sudah sesuai dengan ukuran ideal atau belum?

 

Lalu persoalannya kemudian, jika ukuran atau luasan kamar tidur di rumah Anda tidak memiliki ukuran ideal seperti yang telah dibahas, bisakah ia dirancang agar memiliki kenyaman serupa kamar tidur-kamar tidur yang memiliki ukuran ideal?

 

Jawabannya tentu saja bisa.

 

Berikut adalah tips praktis bagaimana merancang kamar tidur kecil agar terlihat lebih luas dan juga nyaman.

 

Pilihan Warna Cat

 

 

Putih dikenal sebagai warna yang tidak pernah gagal menjadikan ruangan kecil terasa lebih luas dan lapang. Warna netral ini sangat cocok digunakan untuk kamar tidur minimalis berukuran kecil.

 

Namun, jangan keliru, warna ini juga disinyalir memiliki sedikit kekurangan, yaitu kesan monoton.

 

Untuk menyiasatinya, Anda bisa menambahkan unsur warna lain agar kamar tidur memiliki skema warna yang menarik dan tidak membosankan.

 

Aksen warna-warna pastel yang lembut menjadi kombinasi menarik untuk menciptakan kesan santai dalam ruangan all-white.

Jika Anda kurang prefer dengan warna putih untuk kamar, pilihan warna-warna gelap juga sebenarnya tidak diharamkan. Tetapi, hindari penggunaannya secara berlebihan. Jadikan hanya sebagai aksen, atau hadirkan nuansa warna gelap di salah satu bagian dinding kamar saja.

Kreasikan Dinding

Selain pilihan warna cat, Anda bisa menjadikan kamar tidur kecil terlihat lebih menarik secara visual dengan mendekorasi bagian dindingnya.

 

Gunakan wallpaper, bata ekspos, atau rancang sebuah storage berbentuk rak dinding di sana agar kamar minimalis Anda terlihat lebih fungsional.

 

Dekorasi dinding yang unik bisa menjadikan ruangan memiliki daya tarik maksimal.

Hiasan Dinding

Ukuran ruang yang kecil bukanlah hambatan untuk Anda berkreasi. Ini masih ada hubungannya dengan mengkreasi bagian dinding.

 

Jika Anda memilih untuk membiarkan dinding Anda berwarna putih polos, Anda bisa menghiasnya dengan berbagai macam jenis hiasan dinding. Lukisan, foto, ataupun quotes dengan frame menarik akan menjadikan kamar tidur kecil terlihat lebih nyeni.

Jendela Besar di Tengah Ruang

Jika kebetulan Anda berencana membangun atau merenovasi kamar tidur, ada baiknya untuk menempatkan posisi jendela persis di tengah ruangan.

 

Jendela, dengan posisinya yang berada persis di tengah ruangan, adalah titik fokus penempatan tempat tidur yang bisa melahirkan kesan nyaman.

Furniture Kamar Tidur

Built-in furniture atau furniture tanam merupakan pilihan perabotan yang cermat untuk kamar tidur mungil.

 

Furniture model ini dirancang khusus menyesuaikan dengan bentuk ruangan dan dibuat menempel pada bagian dinding, sehingga menjadikannya sangat hemat space.

Namun, jika Anda tidak ingin menggunakan konsep built-in, Anda bisa menggunakan furniture dengan bentuk yang sederhana dan memiliki ukuran yang compact.

 

Ingat, ukuran, ukuran, ukuran. Itulah kata kuncinya.

 

Anda harus cermat menyesuaikan kebutuhan furniture dengan luasan ruang.

 

Cermin

Ini adalah salah satu tips dan trik terbaik menjadikan ruangan kecil terlihat lebih luas. Cermin.

 

Ya, cermin adalah elemen dekoratif yang memiliki kekuatan magis. Menambahkan cermin besar ke dalam kamar tidur kecil, bisa menjadikan ruangan tersebut terlihat lebih lapang. Dan dengan kemampuan reflektifnya, cermin juga mampu memantulkan cahaya ke seluruh ruangan, sehingga area kamar akan terasa lebih terang dan hangat.

 

Namun, satu hal perlu diingat, ketahui cara terbaik memasang cermin. Karena jika Anda melakukan kesalahan saat memasangnya, ini sama saja dengan elemen-elemen dekoratif lainnya, malah membuat kamar terlihat berantakan. Baca cara terbaik memasang cermin di rumah.


 

Sumber : interiordesign.id

 

Follow :

IG : magnitradesign

FB : interiorjember

Youtube : magnitra design